Senin, 12 Desember 2011

Beberapa Penyakiit Akibat KekuranganGizii

1.Gondok.
   Penyakit Gondok disebabkan kekurangan yodium.Gejala yang timbul pada orang menderita penyakit ini adalah adanya pembengkakan di bagian leher.Penyakit ini dapat dicegah dengan banyak makan makanan yang mengandung yodium,misalnya makanan yang diberi tambahan garam dapur beryodium.
2.Hemofilia.
   Penyakit Hemofilia disebabkan kekuurangan vitamin K.Penyakit ini bisa juga disebabkan oleh faktor keturunan.Gejala yang timbul pada orang yang menderita penyakiit ini adalah apabila terjadi luka ,darah yang keluar akan sukar membeku.Penyakit hemofilia dapat diicegah dengan banyak makan makanan yang mengandung vitamin K,seperti sayuran.
3.Kwasiorkor/Kekurangan Protein.
   Penyakit Kwasiorkor disebabkan akibat kekurangan protein terus-menerus.Gejala yang timbul pada orang yang menderita penyakkit ini adalah badan sangat kurus dan rambut tumbuh sangat jarang.Penyakit kwarsiorkor dapat dicegah dengan makan makanan yang banyak mengandung protein.Antara lain tempe,tahu,kacang merah,hati,ikan dan susu.
4.Rabun Senja.
   Penyakit Rabun senja disebabkan kekurangan vitamin A.Gejala yang timbul pada orang yang menderiita penyakit ini adalah penglihatan kabur terutama pada sore hari.Penyakit rabun senja dapat dicegah dengan memperbanyak makan makanan yang mengandung vitamin A.Antara lain susu,hati dan wortel.
5.Beri-Beri.
   Pennyakit Beri-beri di sebabkan kekurangan vitamin B.Gejala yang timbul pada orang yang menderita penyakit beri-beri adalah nafsu makan berkurang,kesemutan dan bengkak di kaki.Penyakit beri-beri dapat dicegah dengan banyak makan makanan yang mengandung vitamin B,antara lain beras merah dan kacang hijau.
6.Skorbut.
   Penyakit Skorbut disebabkan kekurangan vitamin C.Gejala yang timbul pada orang yang menderita penyakit skorbut adalah gusinya berdarah dan terdapat luka di bibir .Penyakit skorbut dapat dicegah dengan banyak makan makanan yang mengandung vitamin C,antara lain tomat ,jeruk,nanas dan mangga.
7.Rakitis.
   Penyakit Rakitis disebabkan kekuranggan vitamin D.Gejala yang timbul pada orang yang menderita penyakit rakitis adalah kaki menyerupai huruf O attau X.Penyakit rakitis dapat dicegah dengan banyak makan makanan yang mengandung vitamin D atau berjemur di bawah sinar matahari pada sekitar pukul 06.00 sampai dengan pukul 09.00. 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar